Akankah Asia United Menjadi Sebuah Tujuan

Kita mendengar namanya Uni Eropa. Merupakan gabungan beberapa negara di Eropa. Walaupun mereka berasal dari negara-negara yang berbeda, namun, warga negara dari sebuah negara di eropa dapat mempergunakan fasilitas negara lainnya layaknya seperti satu negara dengan beberapa propinsi hanya dengan sebuah ID.

Mata uang telah disatukan, sehingga mempermudah dalam bertransaksi diseluruh eropa. Mereka tidak disibukkan dengan nilai tukar yang memusingkan, untuk menyediakan list nilai tukar atau menyediakan uang dari berbagai negara di eropa, jika suatu saat mengunjungi negara lain di eropa.

Wisatawan yang masuk kedalam 1 negara di eropa dapat mempergunakan visa mereka untuk masuk ke negara lainnya. Informasi saling terintegrasi, sehingga tidak perlu untuk menjalankan birokrasi yang berbelit-belit.

Apakah suatu saat negara-negara di asia akan bersatu juga seperti halnya negara eropa?

Jika melihat perkembangan trend yang ada, kemungkinan besar negara-negara di asia juga akan bersatu. Masyarakat dari negara A akan dapat bekerja di negara B dan sebaliknya. Warga negara A akan dapat membawa kendaraan mereka ke negara B.

Saat ini perumusan penggunaan SIM (Surat Ijin Mengemudi) tingkat asia sudah dicetuskan, sehingga masyarakat dari negara A dapat berkendaraan di negara B hanya dengan SIM yang telah dimiliki. Standarisasi kepemilikan SIM sudah mulai ditingkatkan dan akan sangat memungkinkan mengacu pada standar negara-negara asia yang memiliki tingkat standar yang tinggi.

Pembebasan VISA antar negara asia terus dirubah dan aturannya diperbaiki, baik untuk wisatawan maupun tenaga kerja. Sehingga, pada saat terjadi permasalahan penduduk antar negara asia akan dapat secepatnya diketahui baik oleh negara yang penduduknya berasal atau negara lainnya.

Birokrasi kependudukkan yang selalu menjadi momok ketidak pastian terus diperbaiki, sehingga suatu saat nanti antar negara akan dapat saling mengakses data kependudukkan.

Mata uang di target menuju digitalisasi, sehingga akan sangat mudah digabungkan daripada memproduksi mata uang secara fisik lalu mensosialisasikannya. Jika terjadi perubahan akan lebih mudah dikemudian hari.

Transportasi antar asia mulai di Integrasikan, jalur penghubung utama mulai di bentuk, baik antar negara maupun antar propinsi. Kereta cepat yang akan menghubungi antar negara asia telah di bangun. Kereta antar propinsi mulai berbenah juga.

Jika hal ini benar terjadi, akan menjadi sebuah keuntungan atau menjadi sebuah kerugian? Bergantung dari kesiapan dari masing-masing negara. Baik secara ESD maupun kekuatan ekonomi.

Mengacu pengalaman pengabungan perekonomian Eropa dimana negara yang memiliki kesiapan yang paling rendah justru menjadi momok yang sangat mematikan baik bagi negara keseluruhan maupun negara itu sendiri.

Bagaikan seseorang berdiri beramai – ramai diatas gedung pencakar langit agar terlihat tinggi, akan terasa sakit pada saat terjatuh.

ADreamer